Kamis, 22 November 2018

GARANSI PENDIDIKAN : APA MAKSUDNYA ?

Kita sering kali mendengar kata "Garansi" apabila kita membeli barang dari sebuah toko. Dimana saat kita membeli barang, itu akan dilayani gratis pada kurun waktu tertentu apabila barang tersebut ternyata mengalami kerusakan. Garansi diberikan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan dan jaminan atas kualitas baik yang ditawarkan dari produk yang dimilikinya.


Apa yang dimaksud Garansi Pendidikan yang ditawarkan SMA Plus Singajaya sesungguhnya ? 

Kualitas Manusia lebih dari hanya sekedar "Barang Jualan" yang dalam tatanan kehidupan akan mengalami namanya Kehidupan Dunia sebagai ladang ibadah untuk Kehidupan Akhirat.

Proses jual beli sesungguhnya sedang berjalan. Saat seseorang membeli benda semisal membeli TV, sesungguhnya disana seorang konsumen sedang membeli barang. Sama halnya ketika seseorang memutuskan untuk mendaftarkan putra atau putrinya ke sekolah tertentu, sesungguhnya dia sedang membeli jasa dari sekolah tersebut.

Membeli barang saja yang tidak akan mengalami fase dimana kehdiupan akhirat akan menjadi persinggahan barang tersebut, toko/perusahaan berani memberi jaminan atas kualitas barang tersebut, bagaimana dengan membeli jasa untuk sebuah kualitas manusia ?

Pendidikan untuk umat manusia sesungguhnya suatu cara untuk mendapatkan Kebahagiaan akhirat (Surga) yang kekal didalamnya. Dengan pendidikan seseorang akan lebih tahu siapa dirinya, apa yang harus dilakukan dirinya di dunia untuk menjelang kehidupan kekal di akhirat sana. Melalui pendidikan sesungguhnya pula generasi muda sedang dipersiapkan untuk mencapai kesuksesan dalam ekonomi dan peradaban. Melalui sukses ekonomi yang bermartabat, diharapkan generasi terdidik mendapatkan keberlimpahan rijki baiknya untuk mampu bersedekah, meningkatkan pengabdiannya kepada ibu/bpk dan segenap keluarganya, mampu menciptakan kesempatak kerja kepada semua orang sehingga roda ekonomi umat menjadi baik terhidnar dari kefakiran yang selalu agama mengajarkan bahwa kefakiran itu mendekatkan pada kekafiran.

Dengan betapa luar biasa pentingnya pendidikan itu  demi kehidupan akhirat itu generasi ini, tidak adakah konsep garansi yang ditawarkan dari lembaga pendidikan seandainya setelah lulus dari sekolah tersebut siswa/i tidak sesuai dengan harapan orang tua ? Misalnya saat orang tua mendaftarkan, mereka berkeinginan anaknya menguasai hapaan qur'an dengan jumlah juz tertentu. Apabila ternyata setelah sekolah tidak tercapai target, apa konvensasi sekolah terhadap orang tua atas tidak terpenuhinya target dan kesepakatan tersebut.

Jaminan lembaga pendidikan terhadap kualitas anak didik sesungguhnya formula bagaimana mengikat hubungan antar orang tua dan lembaga yang tidak saling merugikan. Konotasi merugikan bisa saja bagi orang tua tidak berharap rugik secara finansial dan waktu, dimana orang tua telah menginvestasikan uang dan waktu demi pendidikan anak kepada lembaga pendidikan tertentu. Disisi lain juga sekolah tidak merasa rugi secara finansial, dimana tekanan dan kehendak orang tua tinggi namun pemenuhan kebutuhan kesejahteraan tenaga pendidikan tidak terpenuhi oleh orang tua yang sesungguhnya menaruh harapan besar mengenai kualitas baik puta putrinya.

Ini artinya, orang tua sebagai "PEMBELI" harus berani dan mau "MENGINVESTASKAN" dananya demi membeli jasa layanan Lembaga Pendidikan agar Orang tua dapat meminta jaminan Garansi Pendidikan demi anaknya yang Mutlak dibutuhkan demi kehidupan akhirat yang betapa harus hidup Kekal dalam kebahagian.

~~ Salam Insfirasi SMA Plus Singajaya  by Tanu Sumarno ~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Arsif

Daftar  download : 1. Download Kurikulum K-13 Kelas X, XI, XII   2. D ownload Kurikulum KTSP Kelas X, XI, XII 3. Program BP dan BK